Kamis, 07 Mei 2015
KOTA BATU – Banyak cara untuk melestarikan kesenian dan budaya jawa. Salah satunya menggelar lomba macapat dan geguritan antar SMP, SMA, SMK, dan MA se-Kota Batu. Peserta pun harus mempu  nembang dengan bahasa jawa yang baik.
batu lomba macapat seniLomba dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional tersebut digelar oleg tim Muasyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah Kota Batu.  Digelar kemarin (2/4) di pendapa Pemkot Batu.
Untuk peserta putra mengenakan kostum beskap sedangkan peserta putri mengenakan pakaian kebaya. para peserta diminta tampil satu persatu dihadapan dewan juri. Beragam tembang macapat dilantunkan. Diantaranya tembang Pucung, Dandanggula, Asmarandana, Megatruh, dan sebagainya.
Menurut Thomas Lantip Catur Atmaja, ketua panitia lomba lomba tersebut merupakan wujud kepedulian para guru terhadap kelestarian budaya. Khusunya sastra Jawa bagi kalangan pelajar. “MGMP prihatin dengan budaya Jawa yang mulai terpinggirkan. Dengan adanya dorongan pemerintah, menjadikan lomba ini bisa terselenggara,” kata Lantip.

Pria yang juga sebagai pengajar mata pelajaran Bahasa Daerah di SMK Putikecwara ini mengungkapkan, dengan adanya lomba macapat dan geguritan secara tidak langsung siswa akan belajar sastra jawa. Selain itu juga mendalami sastra jawa hingga arti-artinya. Sebagai modal bagi siswa untuk terus mendalaminya.
Dilihat dari para peserta, hampir semuanya sangat antusias. Mereka pun tampak semangat untuk mengikuti lomba. ”Siswa pun sangat antusias mengikuti lomba ini. Dapat dilihat dari jumlah peserta yang ikut lomba mencapai 38 siswa ikut lomba geguritan, dan 40 siswa ikut lomba macapat,” terang Lantip.
Terpisah Rika Setya Nur Azizah, salah satu peserta lomba geguritan dari SMKN 3 Batu mengatakan bahwa lomba tersebut sangat baik untuk terus dilaksanakan. “Karena kita para siswa juga ditempa untuk mempelajari bahasa daerah beserta sastranya,” kata Rika. (ulf/bb)
Sumber : http://radarmalang.co.id/lomba-macapat-dan-geguritan-lestarikan-budaya-jawa-13971.htm

Kepala Dispendik Kota Batu


Dra.Mistin,M.Pd

Shining Batu

Padamu Negeri

Rumah Belajar Online

Kelas Maya

Info PTK

Info PTK
Info PTK TK-SD-SMP

Link Pemerintahan

Buku Elektronik ( Bse )

Alamat Sekolah Kota Batu

1. SD
2. SMP
3. SMA - SMK

Jumlah Pengunjung


Dispendik Kota Batu

About Me