Senin, 13 April 2015
JAKARTA - Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan hari ini melakukan inspesi mendadak (sidak) pelaksanaan ujian nasional (unas) di wilayah DKI Jakarta. Anies secara langsung mengunjungi tiga sekolah di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan yang lokasinya berdekatan. Yakni SMK Negeri 20, SMK Negeri 28 dan SMA Bhakti Idhata.
SMKN 28 melaksanakan ujian berbasis komputer atau computer based test (CBT). Sedangkan SMA Bhakti Idhata masih sistem manual.
Di SMKN 28, Anies masuk ke ruang kelas di lantai 3 tempat pelaksanaan ujian berbasis komputer. Sekolah ini menerapkan tiga sesi pelaksanaan unas untuk 225 siswa yang terbagi ke dalam beberapa ruangan. "Dalam satu ruangan, ada yang berjumlah 20 dan 15 komputer," kata Kepala SMK Negeri 28 Jakarta  Nanik Radmiasih di hadapan Anies.
Sementara di SMA Bhakti Idhata, Anies sempat melihat ruang panitia dan memastikan naskah unas masih tersegel dengan baik. Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga berkeliling di ruang kelas tempat pelaksanaan unas digelar.
Secara umum, Anies melihat persiapan unas cukup baik. Dia tidak melihat adanya temuan yang menggangu selama proses persiapan unas.
"Yang saya lihat hanya kerapian, seperti yang dapat dilihat. Para panitia sekolah sudah sangat terlatih untuk menyiapkan operasi yang masif ini, sehingga bisa berjalan dengan baik," tuturnya.
Anies menambahkan, unas adalah peristiwa masif yang melibatkan sekitar 69.000 sekolah, lebih dari 700 ribu pengawas, dan sekitar 2,8 juta siswa. Menurutnya, unas wajib diikuti  siswa tingkat akhir pada jenjang SMP/sederajat dan SMA/sederajat.
"Jika ada yang berhalangan, sehingga tidak dapat mengikuti unas utama, mereka dapat mengambil unas susulan. Kami memastikan setiap anak bisa mengikuti unas,” terangnya.(esy/jpnn)

Kepala Dispendik Kota Batu


Dra.Mistin,M.Pd

Shining Batu

Padamu Negeri

Rumah Belajar Online

Kelas Maya

Info PTK

Info PTK
Info PTK TK-SD-SMP

Link Pemerintahan

Buku Elektronik ( Bse )

Alamat Sekolah Kota Batu

1. SD
2. SMP
3. SMA - SMK

Jumlah Pengunjung


Dispendik Kota Batu

About Me